TERKINI  
   
  • Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan visi-misi masa jabatan 2018-2023 di Rapat Paripurna Istimewa XXVI DPRD Provinsi Sumsel, Senin (8/10/2018). Visi Sumatera Selatan Maju Untuk Semua dan lima misi yaitu pertama Membangun Sumatera Selatan, berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung oleh sektor pertanian, industri dan UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan diperkotaan maupun pedesaan, kedua meningkatan SDM baik laki-laki maupun perempuan yang sehat, berpendidikan, profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran dan integritas, ketiga mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas KKN dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang didukung aparatur pemerintah yang jujur, berintegritas, profesional dan responsif. Misi yang keempat yaitu membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, termasuk infrastruktur dasar guna percepatan pebangunan wilayah pedalaman dan perbatasan, untuk memperlancar arus barang dan mobilitas penduduk, serta mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah, dan kelima meningkatan kehidupan beragama, seni dan budaya untuk membangun karakter kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya dengan ditopang fisik yang sehat melalui kegiatan olahraga, sedangkan pengembangan pariwisata berorientasi pada pariwisata religius.

Berita Sumsel
| Back

Jumat, 07 Agustus 2020 (12:52)

Feby Deru Gandeng OPD Sumsel Sinergi Gencarkan Program PKK

Palembang, sumselprov.go.id - Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru katakan PKK Sumsel memiliki berbagai program kerja yang berhubungan dengan program Pemerintah. Oleh sebab itu, Feby meminta agar PKK juga turut dilibatkan dalam berbagai kegiatan OPD terutama yang erat berhubungan dengan tupoksi PKK dalam pembangunan di Sumsel.

Hal tersebut diungkapkannya saat memimpin rapat koordinasi (rakor) dalam rangka sinkronisasi kegiatan 10 program PKK dengan agenda tindak lanjut kegiatan desa binaan Talang Kepuh dan rencana kerjasama program PKK dan Dinas/Instansi tahun 2021 di Griya Agung, Jumat, 07/08/2020)

"Bahwa PKK telah melakukan berbagai kegiatan di masa pandemi, dengan turut membantu masyarakat terdampak covid-19 antara lain pembagian masker, pembagian sembako bekerjasama dengan dinsos, mendatangi masyarakat yang sakit, faceshield dan masker ke pedagang, dan kita berharap kedepannya mitra PKK juga ikut andil dalam kegiatan serupa," ungkapnya.

Feby mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo juga telah menghimbau agar PKK turut terjun ke masyarakat mensosialisasikan protokol kesehatan dan membagikan masker. Karena begitu banyak kendala yang ditemui masyarakat tentang ketidaktahuan mengenai protokol kesehatan. Tentu untuk itu, PKK perlu berdampingan dengan OPD provinsi membantu masyarakat terdampak seperti lansia, ibu dan anak.

"Tiap kegiatan dinas terkait yang ada berhubungan dengan PKK maka ayo libatkan PKK. Koordinasikan dengan PKK dan sharing untuk kegiatan-kegiatan, namun setelah seremonial habis, harus ada tindak lanjut dari setiap kegiatan," katanya.

Bahkan dalam waktu dekat, Feby mengatakan bahwa PKK akan menggelar

Festival rempah dan meresmikan Kriya Sriwijaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di masa pandemi covid-19. Dan kegiatan ini juga dapat diikuti oleh OPD terkait dalam pelaksanaannya.

Dan juga telah menunjuk satu kecamatan di Gandus, untuk menjadi daerah binaan untuk program HATINYA PKK, yakni Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman. Dimana jika telah berjalan dengan baik akan diperluas di kecamatan-kecamatan lainnya.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Sumsel, Dr. Hj. Ekowati Retnaningsih, SKM., M. Kes., mengatakan bahwa gagasan Ketua TP PKK Sumsel untuk membentuk desa binaan PKK 10 program pokok sebagai tempat pembelajaran kader PKK dalam mewujudkan 10 program pokok PKK.

"Kita ketahui belum ada desa atau kelurahan yang secara lengkap dapat menggambarkan kegiatan dan hasil dari 10 program pokok TP PKK yang dapat dilihat dan dicontoh oleh TP PKK dan Kader PKK Di Sumsel. Maka diinsiasilah hal ini," ungkapnya.

10 program PKK untuk desa/kecamatan binaan yaitu terdiri dari penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat

Turut hadir Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Prof Edwar Juliartha dan Para Kepala OPD Prov Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel